Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Smt 1 (KD 1.1)
UNIT 2
EKSPLORASI
DIRI
PERTEMUAN 1
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat.
B.
Kompetensi dasar
1.1
Berwawancara
dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika
berwawancara.
C.
Materi
Pembelajaran
Ketika kita
menonton berita di televisi kadang kita jumpai pembawa berita mengundang
narasumber untuk diminta memberi penjelasan, informasi, atau sanggahan terhadap
suatu permasalahan teretntu. Adanya tanya jawab antara pewawancara dan
narasumber untuk disiarkan dalam surat kabar, radio, atau di tayangkan pada
layar televisi disebut dengan wawancara.
Wawancara yang
susunan pertanyaannya tidak dibuat terlebih dahulu dan pertanyaan bergantung
kepada suasana wawancara disebut dengan wawancara
bebas, jika wawancara yang dilakukan pewawancara dengan narasumber tunggal
atau wawancara secara perseorangan disebut wawancara
individual.
Dalam
melakukan wawancara, pewancara harus memperhatikan hal-hal berikut.
1.
Pewawancara
harus bersikap santun.
2.
Pewawancara
sudah menyiapkan daftar pertanyaan yang akan disampaikan
kepada narasumber.
3.
Pewawancara
mengajukan pertanyaan dengan kalimat yang berstruktur, jelas, lugas, dan logis.
4.
Pewawancara
merekam atau mencatat semua informasi yang disampaikan narasumber.
5.
Pewawancara
mengajukan pertanyaan secara sistematis dan berkesinambungan.
D.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Berpasang-pasanglah
dengan temanmu!
2.
Tentukan
topik wawancara!
3.
Buat
daftar pertanyaan sebanyak lima buah!
4.
Lakukan
wawancara dengan temanmu!
5.
Tulis
jawaban temanmu pada selembar kertas!
6.
Salin
kegiatan wawancara tersebut dengan format berikut!
Kegiat :
........................................................
Topik : ........................................................
Narasumber : ........................................................
Pewawancara :
........................................................
Taggal Wawancara :
........................................................
Isi Wawancara :
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara : .........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
E.
Uji Kompetensi
1.
Buatlah
lima pertanyaan untuk narasumber berikut ini!
a.
Pedagang
kaki lima.
b.
Aparat
kelurahan.
c.
Paramedis
2.
Buatlah
wawancara dengan petugas polisi lalu lintas dengan format seperti berikut!
3. Kegiatan
:
........................................................
4. Topik : ........................................................
5. Narasumber : ........................................................
6. Pewawancara : ........................................................
7.
Tanggal
Wawancara :
........................................................
8.
Isi Wawancara
:
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber :
..........................................................................................
Pewawancara :
.........................................................................................
Narasumber : ..
PERTEMUAN 2
A.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan
berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
B.
Kompetensi Dasar
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar.
C.
Materi
Pembelajaran
Ketika
membaca laporan perjalanan, kita dapat menentukan pokok-pokok laporan
berdasarkan pola urutan waktu dan tempat. Pola urutan waktu adalah cara
menganalisis laporan perjalanan dari segi waktu kejadian. Penanda keterangan
waktu dapat berupa nama-nama hari, tanggal kejadian, waktu kejadian, dan
penanda khusus lainnya seperti ketika ayam berkokok, saat matahari terbenam, di
tengah terik matahari dsb. Penanda pola urutan tempat adalah tempat-tempat yang
dikunjungi oleh si penulis laporan. Seperti di bandara, ke sawah, menuju ke
candi, menyeberangi sungai, mendaki gunung, dsb.
D.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Bacalah
laporan perjalanan berikut!
Selama ini saya
mengira Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur (NTT) bersuhu panas dengan matahari
yang terik. Namun saat tiba di ibukota kabupaten Soe, saya merasakan dinginnya
angin gunung. Saya kemudian menuju Molo,
satu jam dari Soe, terus mendaki sampai daerah gunung batu di Molo, baju hangat
pun tak mampu menahan dingin.
Untuk mencapai gunung
batu di Molo, saya mendaki, melewati hutan, lembah, dan bukit kapur dalam area
Perhutani. Pemandangan menakjubkan.
Sabana, deretan pohon ampupu, cemara kasuari, dan telaga membuat saya
terpesona.
Molo adalah jantung
Timor, sumber keanekaragaman hayati. Daerah pegunungan yang subur, penghasil
buah dan sayuran berkat cadangan air di dalamnya. Kehidupan masyarakat banyak
bergantung pada hasil alam yang terpelihara. Gunung Mutis adalah gunung
tertinggi di Barat Timor. Masyarakat Molo percaya bahwa alam sangat
penting bagi kehidupan. Mereka beranggapan bumi adalah tubuh, batu adalah
tulang, tanah adalah daging, air adalah darah, dan hutan adalah kulit.
2.
Tentukan
penilaian hasil pembacaan temanmu dengan memberi tanda (V) pada kolom berikut!
Unsur Penilaian
|
baik
|
cukup
|
kurang
|
Pelafalan
|
|
|
|
Intonasi
|
|
|
|
Ekspresi
|
|
|
|
E.
Uji Kompetensi
1.
Bacalah
laporan perjalanan berikut!
Melebur di Keseharian Kampung Tajur
Saya tiba di Stasiun
Purwakarta dengan kereta Argo-Parahyangan tepat ketika azan magrib bergema. Di
warung depan stasiun, usai melepas dahaga dengan teh hangat manis, saya bertemu
dengan pak Aris, ojek motor yang
bersedia mengantar ke arah Bojong, sekitar 35 km dari pusat kota yang belum
kami singgahi. Saya dan pak Aris melewati Jalan Raya
Purwakarta, mengisi penuh bahan bakar di Ciganca. Jalan terus menanjak.
Akhirnya kami memasuki Desa Pasanggrahan. Pak Aris menyarankan untuk menginap di rumah pak Roib Sobari.
Pukul 07.30 esok
pagi, saya dipandu Maemunah untuk menuju Kampung
Tajur, sekitar 2 km dari rumah Pak Roib. Kami menyusuri jalan mulus di antara kebun karet,
cengkeh, coklat, dan melinjo.akhirnya kami sampai di rumah
Maemunah, di Kampung Tajur. Rumah Maemunah berbentuk panggung kayu yang dicat kuning dan biru
khas Sunda dengan tautan atap berukir burung rangkok. Pohon buah jeruk, jambu,
pisang, belimbing ada di halaman depan. Pagar pekarangan
dijejeri keranjang bamboo dan galah pemetik buah.
Saya ikuti Pak Diding, suami Maemunah yang sedang
menyadap nira di pucuk pohon-pohon aren di kebun dekat rumah.
Pak Diding lincah mengumpulkan cairan merah pekat itu ke bumbung bambu. Tiap
pukul 06.00 – 09.00 bumbung bambu yang berisi nira dituang ke kuali di
atas tungku kayu bakar di dapur khusus membuat gula merah di belakang rumah. Perlu waktu tiga jam untuk mengolah nira,
dari dimasak hingga mengental, lalu dicetak jadi gula merah.
Buah aren juga dapat diolah menjadi manisan atau campuran kolak.
2.
Tentukan
pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu!
3.
Tentukan
pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu!
4.
Buatlah
laporan perjalanan yang pernah kalian alami!
Jenis Kegiatan :
Lokasi :
Tanggal
Perjalanan :
…………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
PERTEMUAN
3
A.
Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui
kegiatan menulis kreatif naskah drama
B.
Kompetensi Dasar
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak
dengan memperhatikan keaslian ide.
C.
Materi
Pembelajaran
Bagaimana
cara menulis naskah drama pendek? Berikut beberapa strategi menulis naskah
drama pendek dengan mudah.
1.
Membaca
naskah drama
Cara
pertama untuk dapat menulis naskah drama pendek adalah dengan mempelajari
contoh naskah drama pendek yang sudah ada. Saat ini, banyak tersedia naskah
drama pendek satu babak yang dapat dibaca dan dipelajari, baik itu karya
penulis naskah drama pendek yang terkenal maupun yang belum terkenal.
Dengan
membaca naskah drama, kalian secara tidak langsung mempelajari konstruksi
naskah-naskah drama pendek tersebut. Misalnya apa yang terjadi? Kapan? Di mana latar
tempat terjadi? Bagaimana karakter tiap tokoh dalam naskah drama? Siapa sajakah tokoh-tokoh
yang ditampilkan?
2.
Menonton
pementasan drama
Selain
membaca naskah dram pendek, bisa juga dilakukan dengan menonton drama-drama
satu babak. Dengan demikian, seseorang yang akan menulis naskah drama pendek
mengetahui bagaimana cara mengalirkan cerita dalam naskah drama pendek yang
akan dibuat.
3.
Teknik
menulis naskah drama satu babak
Umumnya,
naskah drama pendek hanya fokus terhadap karakter utama, satu kejadian, dan
satu tujuan. Selain itu, subalur atau subplot dan adegan yang ditulis dalam
naskah drama pendek satu babak tidak melibatkan karakter utama karena kisahnya
singkat.
4.
Menentukan
Karakter Utama
Hal
terpenting bagi penulis saat akan menulis naskah drama pendek adalah menentukan
karakter utamanya. Sebuah cerita, termasuk naskah drama pendek pasti membutuhkan
satu titik fokus yang utama. Dalam naskah drama pendek, hanya diperlukan
sedikit karakter, yaitu sekitar empat sampai lima orang saja.
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Pada pembelajaran sebelumnya kalian telah menganalisis unsur-unsur
intrinsik naskah drama bukan? Setelah kalian menganalisis unsur-unsur intrinsik
naskah drama kalian diharapkan mampu menulis naskah drama satu babak.
Ubahlah teks cerita berikut menjadi naskah drama satu
babak!
Dua Orang Pengembara dan Seekor Beruang

Dua orang berjalan mengembara bersama-sama melalui sebuah hutan yang
lebat. Saat itu tiba-tiba seekor beruang yang sangat besar keluar dari
semak-semak di dekat mereka. Salah satu pengembara, hanya memikirkan
keselamatannya dan tidak menghiraukan temannya, memanjat ke sebuah pohon yang
berada dekat dengannya.
Pengembara yang lain, merasa tidak dapat melawan beruang yang sangat
besar itu sendirian, melemparkan dirinya ke tanah dan berbaring diam-diam,
seolah-olah dia telah meninggal. Dia sering mendengar bahwa beruang tidak akan
menyentuh hewan atau orang yang telah meninggal.
Temannya yang berada di pohon tidak berbuat apa-apa untuk menolong
temannya yang berbaring. Entah hal ini benar atau tidak, beruang itu sejenak
mengendus-endus di dekat kepalanya, dan kelihatannya puas bahwa korbannya telah
meninggal, beruang tersebutpun berjalan pergi.
Pengembara yang berada di atas pohon kemudian turun dari
persembunyiannya. “Kelihatannya seolah-olah beruang itu membisikkan sesuatu di
telingamu," katanya. "Apa yang di katakan oleh beruang itu"
"Beruang itu
berkata," kata pengembara yang berbaring tadi, "Tidak bijaksana
berjalan bersama-sama dan berteman dengan seseorang yang membiarkan dan tidak
menghiraukan temannya yang berada dalam bahaya."
Judul :
Pemain :
…………………………..
………………………….,
………………………….
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Uji Kompetensi
Buatlah naskah drama pendek satu babak berdasarkan
ilustrasi berikut!










Judul :
Pemain :
…………………………..
………………………….,
Naskah
Drama :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar