Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Smt 1 (KD 1.1)



UNIT  2
EKSPLORASI DIRI
PERTEMUAN 1
A.         Standar Kompetensi 
2.      Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat.
B.         Kompetensi dasar
1.1             Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara.

C.         Materi Pembelajaran
Ketika kita menonton berita di televisi kadang kita jumpai pembawa berita mengundang narasumber untuk diminta memberi penjelasan, informasi, atau sanggahan terhadap suatu permasalahan teretntu. Adanya tanya jawab antara pewawancara dan narasumber untuk disiarkan dalam surat kabar, radio, atau di tayangkan pada layar televisi disebut dengan wawancara.
Wawancara yang susunan pertanyaannya tidak dibuat terlebih dahulu dan pertanyaan bergantung kepada suasana wawancara disebut dengan wawancara bebas, jika wawancara yang dilakukan pewawancara dengan narasumber tunggal atau wawancara secara perseorangan disebut wawancara individual.
Dalam melakukan wawancara, pewancara harus memperhatikan hal-hal berikut.
1.             Pewawancara harus bersikap santun.
2.             Pewawancara sudah menyiapkan daftar pertanyaan yang akan disampaikan kepada narasumber.
3.             Pewawancara mengajukan pertanyaan dengan kalimat yang berstruktur, jelas, lugas, dan logis.
4.             Pewawancara merekam atau mencatat semua informasi yang disampaikan narasumber.
5.             Pewawancara mengajukan pertanyaan secara sistematis dan berkesinambungan.

D.      Kegiatan Pembelajaran
1.       Berpasang-pasanglah dengan temanmu!
2.       Tentukan topik wawancara!
3.       Buat daftar pertanyaan sebanyak lima buah!
4.       Lakukan wawancara dengan temanmu!
5.       Tulis jawaban temanmu pada selembar kertas!
6.       Salin kegiatan wawancara tersebut dengan format berikut!



Kegiat                                               : ........................................................     
Topik                                                : ........................................................
Narasumber                    : ........................................................
Pewawancara                 : ........................................................
Taggal Wawancara      : ........................................................
Isi Wawancara                               :
Pewawancara : .........................................................................................
Narasumber                    : ..........................................................................................
Pewawancara : .........................................................................................
Narasumber                     : ..........................................................................................
Pewawancara : .........................................................................................
Narasumber                     : ..........................................................................................
Pewawancara : .........................................................................................
Narasumber                    : ..........................................................................................
Pewawancara : .........................................................................................
Narasumber                     : ..........................................................................................

E.      Uji Kompetensi
1.       Buatlah lima pertanyaan untuk narasumber berikut ini!
a.       Pedagang kaki lima.
b.       Aparat kelurahan.
c.        Paramedis

2.       Buatlah wawancara dengan petugas polisi lalu lintas dengan format seperti berikut!
3.       Kegiatan                            : ........................................................
4.       Topik                                             : ........................................................
5.       Narasumber                                : ........................................................
6.       Pewawancara                              : ........................................................
7.       Tanggal Wawancara   : ........................................................
8.       Isi Wawancara                :

Pewawancara       : .........................................................................................
Narasumber                      : ..........................................................................................
Pewawancara       : .........................................................................................
Narasumber          : ..........................................................................................
Pewawancara       : .........................................................................................
Narasumber                      : ..........................................................................................
Pewawancara       : .........................................................................................
Narasumber                      : ..........................................................................................
Pewawancara       : .........................................................................................
 Narasumber                     : ..
                PERTEMUAN 2
A.                  Standar Kompetensi 
2.  Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan

B.                  Kompetensi Dasar
2.2  Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar.

C.                  Materi Pembelajaran
Ketika membaca laporan perjalanan, kita dapat menentukan pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu dan tempat. Pola urutan waktu adalah cara menganalisis laporan perjalanan dari segi waktu kejadian. Penanda keterangan waktu dapat berupa nama-nama hari, tanggal kejadian, waktu kejadian, dan penanda khusus lainnya seperti ketika ayam berkokok, saat matahari terbenam, di tengah terik matahari dsb. Penanda pola urutan tempat adalah tempat-tempat yang dikunjungi oleh si penulis laporan. Seperti di bandara, ke sawah, menuju ke candi, menyeberangi sungai, mendaki gunung, dsb.
D.      Kegiatan Pembelajaran

1.       Bacalah laporan perjalanan berikut!

Selama ini saya mengira Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur (NTT) bersuhu panas dengan matahari yang terik. Namun saat tiba di ibukota kabupaten Soe, saya merasakan dinginnya angin gunung. Saya kemudian menuju  Molo, satu jam dari Soe, terus mendaki sampai daerah gunung batu di Molo, baju hangat pun tak mampu menahan dingin.
Untuk mencapai gunung batu di Molo, saya mendaki, melewati hutan, lembah, dan bukit kapur dalam area Perhutani.  Pemandangan menakjubkan. Sabana, deretan pohon ampupu, cemara kasuari, dan telaga membuat saya terpesona.
Molo adalah jantung Timor, sumber keanekaragaman hayati. Daerah pegunungan yang subur, penghasil buah dan sayuran berkat cadangan air di dalamnya. Kehidupan masyarakat banyak bergantung pada hasil alam yang terpelihara. Gunung Mutis adalah gunung tertinggi di Barat Timor. Masyarakat Molo percaya bahwa alam sangat penting bagi kehidupan. Mereka beranggapan bumi adalah tubuh, batu adalah tulang, tanah adalah daging, air adalah darah, dan hutan adalah kulit.
2.       Tentukan penilaian hasil pembacaan temanmu dengan memberi tanda (V) pada kolom berikut!
Unsur Penilaian
baik
cukup
kurang
Pelafalan



Intonasi



Ekspresi



E.      Uji Kompetensi
1.       Bacalah laporan perjalanan berikut!

Melebur di Keseharian Kampung Tajur
Saya tiba di Stasiun Purwakarta dengan kereta Argo-Parahyangan tepat ketika azan magrib bergema. Di warung depan stasiun, usai melepas dahaga dengan teh hangat manis, saya bertemu dengan pak Aris, ojek motor  yang bersedia mengantar ke arah Bojong, sekitar 35 km dari pusat kota yang belum kami singgahi. Saya dan pak Aris melewati Jalan Raya Purwakarta, mengisi penuh bahan bakar di Ciganca. Jalan terus menanjak. Akhirnya kami memasuki Desa Pasanggrahan. Pak Aris menyarankan untuk menginap di rumah pak Roib Sobari.
Pukul 07.30 esok pagi, saya dipandu Maemunah untuk menuju Kampung Tajur, sekitar 2 km dari rumah Pak Roib. Kami  menyusuri jalan mulus di antara kebun karet, cengkeh, coklat, dan melinjo.akhirnya kami sampai di rumah Maemunah, di Kampung Tajur. Rumah Maemunah berbentuk panggung kayu yang dicat kuning dan biru khas Sunda dengan tautan atap berukir burung rangkok. Pohon buah jeruk, jambu, pisang, belimbing ada di halaman depan. Pagar pekarangan dijejeri keranjang bamboo dan galah pemetik buah.
Saya ikuti Pak Diding, suami  Maemunah yang sedang menyadap nira di pucuk pohon-pohon aren di kebun dekat rumah. Pak Diding lincah mengumpulkan cairan merah pekat itu ke bumbung bambu. Tiap pukul 06.00 – 09.00 bumbung bambu yang berisi nira dituang ke kuali di atas tungku kayu bakar di dapur khusus membuat gula merah di belakang rumah. Perlu waktu tiga jam untuk mengolah nira, dari dimasak hingga mengental, lalu dicetak jadi gula merah. Buah aren juga dapat diolah menjadi manisan atau campuran kolak.          

2.       Tentukan pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu!
3.       Tentukan pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu!
4.       Buatlah laporan perjalanan yang pernah kalian alami!
Jenis Kegiatan                              :
Lokasi                                            :
Tanggal Perjalanan     :

…………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

PERTEMUAN 3

A.                  Standar Kompetensi 
8.  Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama

B.                  Kompetensi Dasar
8.1  Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide.   

C.                  Materi Pembelajaran
Bagaimana cara menulis naskah drama pendek? Berikut beberapa strategi menulis naskah drama pendek dengan mudah.

1.       Membaca naskah drama
Cara pertama untuk dapat menulis naskah drama pendek adalah dengan mempelajari contoh naskah drama pendek yang sudah ada. Saat ini, banyak tersedia naskah drama pendek satu babak yang dapat dibaca dan dipelajari, baik itu karya penulis naskah drama pendek yang terkenal maupun yang belum terkenal. 
Dengan membaca naskah drama, kalian secara tidak langsung mempelajari konstruksi naskah-naskah drama pendek tersebut. Misalnya apa yang terjadi? Kapan? Di mana latar tempat terjadi? Bagaimana karakter tiap tokoh  dalam naskah drama? Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ditampilkan?

2.       Menonton pementasan drama
Selain membaca naskah dram pendek, bisa juga dilakukan dengan menonton drama-drama satu babak. Dengan demikian, seseorang yang akan menulis naskah drama pendek mengetahui bagaimana cara mengalirkan cerita dalam naskah drama pendek yang akan dibuat.

3.       Teknik menulis naskah drama satu babak
Umumnya, naskah drama pendek hanya fokus terhadap karakter utama, satu kejadian, dan satu tujuan. Selain itu, subalur atau subplot dan adegan yang ditulis dalam naskah drama pendek satu babak tidak melibatkan karakter utama karena kisahnya singkat.

4.       Menentukan Karakter Utama
Hal terpenting bagi penulis saat akan menulis naskah drama pendek adalah menentukan karakter utamanya. Sebuah cerita, termasuk naskah drama pendek pasti membutuhkan satu titik fokus yang utama. Dalam naskah drama pendek, hanya diperlukan sedikit karakter, yaitu sekitar empat sampai lima orang saja.

D.      Kegiatan Pembelajaran
Pada pembelajaran  sebelumnya kalian telah menganalisis unsur-unsur intrinsik naskah drama bukan? Setelah kalian menganalisis unsur-unsur intrinsik naskah drama kalian diharapkan mampu menulis naskah drama satu babak.
Ubahlah teks cerita berikut menjadi naskah drama satu babak!

Dua Orang Pengembara dan Seekor Beruang
Dua orang berjalan mengembara bersama-sama melalui sebuah hutan yang lebat. Saat itu tiba-tiba seekor beruang yang sangat besar keluar dari semak-semak di dekat mereka. Salah satu pengembara, hanya memikirkan keselamatannya dan tidak menghiraukan temannya, memanjat ke sebuah pohon yang berada dekat dengannya.
Pengembara yang lain, merasa tidak dapat melawan beruang yang sangat besar itu sendirian, melemparkan dirinya ke tanah dan berbaring diam-diam, seolah-olah dia telah meninggal. Dia sering mendengar bahwa beruang tidak akan menyentuh hewan atau orang yang telah meninggal.
Temannya yang berada di pohon tidak berbuat apa-apa untuk menolong temannya yang berbaring. Entah hal ini benar atau tidak, beruang itu sejenak mengendus-endus di dekat kepalanya, dan kelihatannya puas bahwa korbannya telah meninggal, beruang tersebutpun berjalan pergi.
Pengembara yang berada di atas pohon kemudian turun dari persembunyiannya. “Kelihatannya seolah-olah beruang itu membisikkan sesuatu di telingamu," katanya. "Apa yang di katakan oleh beruang itu"
"Beruang itu berkata," kata pengembara yang berbaring tadi, "Tidak bijaksana berjalan bersama-sama dan berteman dengan seseorang yang membiarkan dan tidak menghiraukan temannya yang berada dalam bahaya."

Judul                                  :
Pemain                              : …………………………..
                                              ………………………….,
                                ………………………….

.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Uji Kompetensi
Buatlah naskah drama pendek satu babak berdasarkan ilustrasi berikut!
         
     
     
Judul                                  :
Pemain                              : …………………………..
                                              ………………………….,
Naskah Drama                                :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Komentar

Postingan Populer