Lembar Kerja Teks Prosedur
LEMBAR
KERJA SISWA
TEKS
PROSEDUR
- KOMPETENSI DASAR
|
3.5 mengidentifikasi teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara emmbuat kuliner daerah, dll) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar.
|
|
4.5menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara melkukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara emmbuat kuliner daerah, dll) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar.
|
- INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- MATERI PEMBELAJARAN
Jenis-jenis
Teks Prosedur
|
Berdasar
tujuannya, teks prosedur dibagi menjadi tiga macam yaitu:
1.
Teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/memainkan
suatu alat.
Contoh:
Teks prosedur cara memainkan alat musik.
2.
Teks prosedur untuk
memandu cara membuat.
Contoh:
Teks prosedur cara
membuat kue bolu
3.
Teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan.
Contoh:
Teks prosedur cara
menari Gambyong
|
Struktur Teks Prosedur
|
Struktur
teks prosedur adalah sebagai berikut.
1.
Tujuan
2.
Bahan dan alat
3.
Langkah-langkah
4. penutup
|
Contoh Teks
Prosedur
|
1. Teks Prosedur Membuat
![]()
2. Teks Prosedur Memainkan
Bermain
suling bambu bagi beberapa orang itu sulit, selain karena harus menghapal
nada juga harus terampil memainkan tangan supaya bisa menghasilkan suara yang
merdu dari suling bambu. Nah, buat teman-teman yang ingin belajar teknik
dasar bermain Suling Bambu.
![]()
Selamat mencoba! Dan jangan lupa ajak teman-temanmu
untuk turut memainkan dan melestarikan suling bambu.
|
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
2. Peserta didik
berdiskusi perihal materi teks prosedur.
3. Peserta didik
berdiskusi perihal tutorial #tutorialterrarium
4. Peserta didik
berdiskusi perihal membuat terararium dengan teman sebaya.
5. Peserta didik
mengaplikasi tutorial membuat terrarium dengan cara diskusi dan tutorial
teman sebaya.
6. Peserta didik
menyampaikan secara lisan hasil membuat terrarium kepada kelompok lain.
7. Peserta didik lain
memberi masukan dan saran berdasar penyamaian kelompok lain.
|
- Buatlah teks prosedur berdasar hasil diskusi kelompok kalian!
Nama
Kelompok:
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
……………………………………………………………………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- SKOR PENILAIAN TEKS PROSEDUR BERDASAR KESESUAIAN TUTORIAL MEMBUAT TERARIUM DENGAN KELENGKAPAN ISI TEKS PROSEDUR
|
No
|
URAIAN
|
SKOR MAKS
|
|
1
|
Menulis tujuan
|
25
|
|
2
|
Menulis
bahan dan alat
|
25
|
|
3
|
Menulis
urutan langkah
|
25
|
|
4
|
Menulis
penutup
|
25
|
|
|
Jumlah Maksimal
|
100
|
- PENILAIAN
|
No
|
URAIAN
|
SKOR MAKS
|
|
1
|
Peserta
didik menulis tujuan
|
|
|
2
|
Peserta
didik menulis bahan dan alat
|
|
|
3
|
Peserta
didik menulis urutan langkah
|
|
|
4
|
Peserta
didik enulis penutup
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
- REFLEKSI
Berilah tanda (V) pada
ikon berikut ini setelah kalian mengikuti pembelajaran hari ini.
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
![]() |
|
![]() |
|
1
|
Materi menulis teks Prosedur
|
|
|
|
|
2
|
Metode mengajar menggunakan teknik diskusi, tutorial teman
sebaya, dan berbasis blog
|
|
|
|
|
3
|
Media pembelajaran menggunakan blog
|
|
|
|
|
4
|
Gaya mengajar guru
|
|
|
|
|
5
|
Cara guru menyampaikan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
6
|
Suasana kelas selama pembelajaran berlangsung
|
|
|
|
|
7
|
Kegiatan menerapkan tutorial teman sebaya berdasar tutorial
membuat terarium
|
|
|
|
|
8
|
Demonstrasi hasil membuat terarium
|
|
|
|
Terima Kasih





Komentar
Posting Komentar