Media Pembelajaran Teks Cerita Fantasi
LEMBAR KERJA SISWA
MENULIS
TEKS CERITA FANTASI
1.
KOMPETENSI DASAR
2.
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
4.4.2 Menulis cerita fantasi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
|
3.
MATERI PEMBELAJARAN
A.
Pengertian Teks Cerita
Fantasi
Cerita
fantasi adalah cerita fiksi bergenre fantasi (dunia imajinatif yang diciptakan
penulis). Pada cerita fantasi hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh
dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia
nyata. Tema fantasi adalah majik, supernatural, atau futuristik.
Jenis Cerita Fantasi
Cerita Fantasi Total dan Irisan
Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dalam
kehidupan nyata ada dua kategori fantasi total dan fantasi sebagian (irisan).
Pertama, kategori cerita
fantasi total berisi fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu. Pada cerita
kategori ini semua yang terdapat pada cerita semua tidak terjadi dalam dunia
nyata. Misalnya, cerita fantasi Nagata itu total fantasi penulis. Jadi nama
orang, nama objek, nama kota benar-benar rekaan pengarang.
Kedua, cerita fantasi irisan
yaitu cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan
nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang ada dalam dunia
nyata, atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata.
Cerita fantasi Sezaman dan Lintas Waktu
Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi
dua kategori yaitu latar lintas waktu dan latar waktu sezaman. Latar sezaman berarti latar yang digunakan satu masa (fantasi masa
kini, fantasi masa lampau, atau fantasi masa yang akan datang/ futuristik). Latar lintas waktu berarti cerita fantasi
menggunakan dua latar waktu yang berbeda (misalnya, masa kini dengan zaman
prasejarah, masa kini dan 40 tahun mendatang/ futuristik) .
|
B.Struktur
Teks Cerita Fantasi
Strukturnya terdiri atas:
1. Orientasi, Komplikasi,
Resolusi.
2. Merupakan karangan
fiksi/ fantasi.
3. Sumber karangan diperoleh dari hasil
imajinasi/ khayalan penulis
4. Tokoh dan latar
diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata.
5. Temanya seputar majik, supernatural, atau
futuristik.
6.
Bahasa yang
digunakan variatif, ekspresif, dan menggunakan ragam percakapan (bukan bahasa
formal).
|
C.
Contoh Teks Cerita Fantasi
Bintang membuka plastik pembungkus
kado dengan buru-buru. Kado itu berbebtuk buku diary. Cover depan
berwarna merah. Diary itu
bergambar mawar merah segar di tengah-tengahnya. Mawar itu tampak hidup. Bintang menyentuh
mawar itu. Ia merasa ujung jarinya dingin, seperti menyentuh kelopak mawar
sungguhan.
Bintang terkejut ketika bunga mawar
itu mulai bergerak-gerak dan semakin
membesar. Tiba-tiba Bintang berada di kebun bunga mawar. Tubuh Bintang
mengecil. Ia bertemu semut hitam yang berjalan beriringan. Semut-semut itu
membawa bola-bola cair bening. Berkilauan ditimpa sinar matahari pagi.
Seperti untaian kalung berlian, menyilaukan mata. Salah satu semut itu
menyapa Bintang.
“Hai, Bintang.”
Bintang kaget. Ia tidak menyangka
semut-semut itu bisa berbicara dengannya. Bagaimana mungkin mereka tahu
namaku? Pikir BIntang.
Bintang berjalan mengikuti jajaran
batang mawar. Batang tanaman mawar sangat besar-besar dan kuat. Duri-duri mawar yang menonjol
cukup kuat diduduki Bintang. Dari kejauhan si kaki seribu duduk di atas
batang pohon tumbang. Ia kelelahan mengikat tali sepatunya. Bintang tertawa
terpingkal-pingkal melihat kejadian itu. Serta merta Bintang merasa kasihan
dan berniat membantu si kaki seribu.
“Bolehkah aku mengikat tali
sepatmu?” tanya Bintang.
“Ohh…Tentu. Aku sudah lelah
mengikat tali sepatu,” jawab si kaki seribu.
Kemudian si kaki seribu
mengeluarkan harmonikanya dan meniupnya dengan keras. Ia tampak bergembira.
Binatang-binatang mulai keluar dari balik rerumputan. Mereka
bernyanyi-nyanyi. Menari-nari. Sungguh mereka sangat berbahagia. Bintang pun
mengikat tali sepatu si kaki seribu sambil mengoyang-goyangkan kaki. Ia turut
bernyayi bersama.
Ketika tengah asik bernyanyi mereka
dikejutkan dengan capung yang meniup peluit.
“Perhatian……Perhatian……!” teriak
capung.
Semua berhenti. Menanti pengumuman
dari capung.
Bintang mengamati capung yang membawa pengumuman. Kertas pengumuman itu terbuat
dari daun melati yang digulung dan diikat rumput kering. Kertas itu berbau
harum. Seperti daun teh kering. Bintang merasa pernah mengenal bau itu. Tapi
ia lupa. Ia berusaha mengingat keras-keras di mana ia pernah mencium baunya.
Tapi usaha itu sia-sia. Bintang sudah dikejutkan dengan suara capung yang
mengumumkan berita penting.
|
4.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa berdiskusi perihal gambar komik nonverbal.
2.
Siswa
berdiskusi perihal struktur teks cerita fantasi berdasar gambar komik
nonverbal.
3.
Siswa
berdiskusi perihal alur cerita berdasar gambar komik nonverbal.
4.
Siswa
berdiskusi perihal tokoh-tokoh berdasar gambar komik nonverbal.
5.
Siswa
berdiskusi perihal latar tempat berdasar gambar komik nonverbal.
6.
Siswa
berdiskusi perihal latar waktu berdasar gambar komik nonverba.
7.
Siswa menulis
teks cerita fantasi berdasar gambar komik nonverbal.
|
5.
APLIKASI MEDIA KOMIK NONVERBAL PADA PEMBELAJARAN
MENULIS TEKS CERITA FANTASI
1) Amati gambar
komik nonverbal berikut dengan cermat!
2) Diskusikan
gambar komik tersebut dari segi struktur teks
cerita fantasi!
3) Diskusikan
gambar komik tersebut dari segi alur cerita!
4) Diskusikan
gambar komik tersebut dari segi tokoh-tokoh cerita!
5) Diskusikan
gambar komik tersebut dari segi latar
tempat cerita!
6) Diskusikan
gambar komik tersebut dari segi latar waktu cerita!
7) Tulis teks
cerita fantasi berdasar gambar komik nonverbal tersebut!
6.
KEGIATAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI
|
7.
SKOR PENILAIAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERDASAR
KOMIK NONVERBAL
No
|
URAIAN
|
SKOR MAKS
|
1
|
Siswa membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 1
terdapat tokoh, latar tempat, dan latar waktu
|
25
|
2
|
Siswa membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 2
terdapat tokoh, latar tempat, dan latar waktu
|
25
|
3
|
Siswa membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 3
terdapat tokoh, latar tempat, dan latar waktu
|
25
|
4
|
Siswa membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 4
terdapat tokoh, latar tempat, dan latar waktu
|
25
|
|
Jumlah
Maksimal
|
100
|
8. PENILAIAN
Nama Kelompok:
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
……………………………………………………………………
No
|
URAIAN
|
SKOR MAKS
|
1
|
Siswa
membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 1 terdapat tokoh, latar tempat,
dan latar waktu
|
|
2
|
Siswa
membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 2 terdapat tokoh, latar tempat,
dan latar waktu
|
|
3
|
Siswa
membuat teks cerita fantasi berdasar gambar 3 terdapat tokoh, latar tempat,
dan latar waktu
|
|
4
|
Siswa membuat
teks cerita fantasi berdasar gambar 4 terdapat tokoh, latar tempat, dan latar
waktu
|
|
|
Jumlah Maksimal
|
|
9.
REFLEKSI
Berilah tanda (V) pada ikon berikut ini
setelah kalian mengikuti pembelajaran hari ini.
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Materi menulis
teks cerita fantasi
|
|
|
|
2
|
Metode mengajar
menggunakan teknik diskusi
|
|
|
|
3
|
Media pembelajaran
menggunakan komik nonverbal
|
|
|
|
4
|
Gaya mengajar guru
|
|
|
|
5
|
Cara guru
menyampaikan materi pembelajaran
|
|
|
|
6
|
Suasana kelas selama
pembelajaran berlangsung
|
|
|
|
7
|
Kegiatan menulis
teks cerita fantasi berdasar gambar komik nonverbal
|
|
|
|
8
|
Gambar komik
nonverbal
|
|
|
|
Terima Kasih
Komentar
Posting Komentar