Lembar Kerja Siswa Menulis Teks Fabel
LEMBAR
KERJA SISWA
MENULIS TEKS FABEL
- KOMPETENSI DASAR
4.12
Memerankan isi fabel/legenda daerah
setempat yang dibaca dan didengar.
|
- INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menulis cerita fabel dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan.
|
- MATERI PEMBELAJARAN
- Pengertian Teks Fabel
Menurut kamus besar bahasa
Indonesia, fabel berasal dari bahasa Inggris fable adalah cerita yang
menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang.
Kemunculan dongeng binatang
(fabel) di Indonesia tidak lepas dari sejarah perkembangan Indonesia dimasa
lampau, dimana agama Hindu-Budha menjadi agama mayoritas waktu itu.
Fabel awalnya muncul di India,
pengarang fabel menggunakan tokoh binatang sebagai pengganti manusia, atas
dasar kepercayaan bahwa binatang bersaudara dengan manusia. Adapun tujuan
dongeng fabel ini untuk memberi nasihat secara halus
(secara ibarat) kepada Raja Dabsyalim, Raja India masa itu. Raja tersebut
memerintah secara zalim kepada rakyatnya. Sehingga rakyat membuat nasehat
untuk rajanya dengan bercerita yang menggunakan binatang sebagai tokohnya,
dimana jika nasehat itu jika ditunjukkan langsung kepada raja, maka rakyat
tersebut akan mendapatkan ancaman dari raja.
Bertepatan dengan masuknya
agama Hindu-Budha ke Indonesia, maka fabel masuk kesustraan Melayu Lama
Indonesia dan berkembang pada zaman tersebut. Ini dibuktikan oleh salah satu
peneliti Dixon, menurut Dixon (seperti dikutip Danandjaja, 2002) dongeng
tokoh penipu sang Kancil terdapat di Indonesia pada daerah-daerah yang paling
kuat mendapat pegaruh Hinduisme, yang erat hubungannya dengan kerajaan Jawa
Hindu dari abad VII sampai dengan abad XIII. Hipotesanya diperkuat dengan
bukti-bukti bahwa dongeng sang Kancil juga terdapat di Melanesia dan Asia
Tenggara ke Timur, yang tidak mempunyai hubungan dengan kebudayaan Hindu.
|
- Struktur Teks Fabel
Teks
fabel merupakan bagian dari karya sastra fiksi yaitu dongeng yang termasuk
dalam prosa. Prosa memiliki unsur intrinsik karya sastra seperti berikut.
1. Tema atau pokok cerita
2. Alur yaitu jalan cerita atau plot yang terdiri dari alur maju, alur
mundur, dan campuran (alur maju dan alur mundur).
3. Latar atua
setting terdiri dari suasana, waktu, tempat
4. Penokohan terdiri dari protagonis yang sejalan dengan pembaca, antagonis
sebagai tokoh yang berlawanan dengan protagonis, dan tritagonis sebagai tokoh
yang tidak memihak manapun atau sebagai tokoh yang berdiri sendiri. Untuk
watak dari perilaku tokoh tentang apa yang diceritakan pengarang dan apa yang
diceritakan oleh tokoh lain.
5. Sudut pandang adalah cara pandang seorang pengarang
atau pembaca dalam cerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut
pandang pertama dengan kata ganti aku, saya, kami, dan kita. Sudut pandang
ketiga dengan kata ganti mereka, nya, ia, dan dia.
6. Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang
kepada pembaca fabel.
|
- Contoh Teks Fabel
Kisah
seekor Serigala dan Ayam Jantan
Pada suatu hari, di dalam
hutan belantara. Terlihat seekor Serigala yang sedang kelaparan. Ia mencari
mangsa kesana kemari. Namun, ia tidak menemukan mangsa yang ia cari. Di
tengah perjalanan ia melihat seekor Ayam. Karena sudah sangat lapar, ia pun
mengincar sang Ayam tersebut.
Secara diam-diam Serigala
mendekati Ayam, ia pun langsung menerkam Ayam tersebut. Melihat kedatang
Serigala yang datang secara tiba-tiba membuat sang Ayam sangat terkejut. Pada
saat Ayam akan melarikan diri. Namun, salah satu kakinya di pegang oleh
Serigala.
‘’ Kena kau! Kau tidak
bisa lari dariku Ayam. Hahaa.’’ Ucap Serigala, dan langsung membawa Ayam
tersebut ke rumahnya.
Serigala sangat senang
mendapatkan mangsa yang lezat. Ia pun membayangkan memakan daging Ayam yang
sangat lezat sampai air liurnya keluar. Ia sangat tidak sabar untuk melahap
mangsanya tersebut. Namun, pada saat Serigala akan melahapnya. Sang Ayam
berkata.
‘’ Hei Tuan, sebelum kau
melahapku. Sebaiknya kau berdoa terlebih dahulu.’’ Ucapnya.
Mendengar yang di ucapkan
sang Ayam, Serigala pun menunda keinginannya untuk melahap Ayam.
‘’ Berdoa? Bagaimana
caranya? Ayo cepat beritahu aku!’’ kata Serigala bertanya kebingungan.
‘’ Aku pernah melihat
Manusia yang sedang berdoa. Ketika mereka akan berdoa, mereka biasanya
melipat tangannya di dada saat berdoa.’’ Jawab Ayam tersebut.
Serigala pun menuruti yang
di katakan Ayam. Ia pun segera melipat kedua tanganya di dada.
‘’ Selain melipat kedua
tangannya. Manusia juga menutup matanya saat berdoa.’’ Kata sang Ayam
melanjutkan perkataanya.
Serigala pun menuruti
perkataan Ayam. Dengan semangat ia melipat kedua tangannya di dada dan
menutup kedua matanya. Namun, pada saat ia menutup kedua matanya. Dengan
sangat cepat Ayam tersebut terbang dan melarikan diri.
‘’ Hahaa, selamat tinggal
Serigala yang bodoh.’’ kata sang Ayam yang senang karena berhasil meloloskan
diri dari cengkraman Serigala.
Akhirnya, Ayam berhasil
meloloskan diri dengan sangat mudah. Sementara, Serigala pun membuka kedua
matanya. Ia tidak sabar untuk segera melahap mangsanya. Namun, ia sangat
terkejut dan terbengong-bengong melihat sang Ayam sudah tidak ada di
hadapannya.
Ia pun
segera mencari Ayam tersebut. Namun, Ayam dengan sangat cepat melarikan diri
dan tidak dapat di temukan. Serigala sangat marah karena ia ditipu oleh Ayam.
Ia pun merasa sangat bodoh karena tertipu oleh calon mangsanya. Ia pun
melanjutkan perjalanannya untuk mencari mangsa dan menahan rasa laparnya.
|
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
5.
MENULIS
TEKS FABEL BERDASAR DISKUSI KELOMPOK SETELAH PENGAMATAN FILM ANIMASI
|
- SKOR PENILAIAN MENULIS TEKS FABEL
No
|
URAIAN
|
SKOR
MAKS
|
1
|
Kesesuaian dengan isi cerita
|
20
|
2
|
Keruntutan dengan alur cerita
|
20
|
3
|
Kesesuaian dengan tokoh-tokoh cerita
|
20
|
4
|
Kesesuaian dengan latar tempat cerita
|
20
|
5
|
Kesesuaian dengan latar waktu cerita
|
20
|
|
Skor
Maksimal
|
100
|
- PENILAIAN
Nama Kelompok:
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
……………………………………………………………………
No
|
URAIAN
|
SKOR
MAKS
|
1
|
Kesesuaian dengan isi cerita
|
|
2
|
Keruntutan dengan alur cerita
|
|
3
|
Kesesuaian dengan tokoh-tokoh cerita
|
|
4
|
Kesesuaian dengan latar tempat cerita
|
|
5
|
Kesesuaian dengan latar waktu cerita
|
|
|
Skor
Maksimal
|
|
- REFLEKSI
Berilah tanda (V) pada ikon berikut ini setelah kalian mengikuti pembelajaran
hari ini.
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
![]() |
![]() |
![]() |
1
|
Materi menulis teks fabel
|
|
|
|
2
|
Metode mengajar menggunakan teknik diskusi
|
|
|
|
3
|
Media pembelajaran menggunakan film animasi
|
|
|
|
4
|
Gaya mengajar guru
|
|
|
|
5
|
Cara guru menyampaikan materi pembelajaran
|
|
|
|
6
|
Suasana kelas selama pembelajaran berlangsung
|
|
|
|
7
|
Film animasi yang ditayangkan
|
|
|
|
Terima
Kasih
Komentar
Posting Komentar