Lembar Kerja Siswa Menulis Teks Fabel



LEMBAR KERJA SISWA
MENULIS TEKS FABEL

  1. KOMPETENSI   DASAR
4.12 Memerankan isi fabel/legenda   daerah setempat yang dibaca dan didengar.

  1. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Pengertian Teks Fabel
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, fabel berasal dari bahasa Inggris fable adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang.
Kemunculan dongeng binatang (fabel) di Indonesia tidak lepas dari sejarah perkembangan Indonesia dimasa lampau, dimana agama Hindu-Budha menjadi agama mayoritas waktu itu.
Fabel awalnya muncul di India, pengarang fabel menggunakan tokoh binatang sebagai pengganti manusia, atas dasar kepercayaan bahwa binatang bersaudara dengan manusia. Adapun tujuan dongeng fabel ini untuk memberi nasihat secara halus (secara ibarat) kepada Raja Dabsyalim, Raja India masa itu. Raja tersebut memerintah secara zalim kepada rakyatnya. Sehingga rakyat membuat nasehat untuk rajanya dengan bercerita yang menggunakan binatang sebagai tokohnya, dimana jika nasehat itu jika ditunjukkan langsung kepada raja, maka rakyat tersebut akan mendapatkan ancaman dari raja.
Bertepatan dengan masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia, maka fabel masuk kesustraan Melayu Lama Indonesia dan berkembang pada zaman tersebut. Ini dibuktikan oleh salah satu peneliti Dixon, menurut Dixon (seperti dikutip Danandjaja, 2002) dongeng tokoh penipu sang Kancil terdapat di Indonesia pada daerah-daerah yang paling kuat mendapat pegaruh Hinduisme, yang erat hubungannya dengan kerajaan Jawa Hindu dari abad VII sampai dengan abad XIII. Hipotesanya diperkuat dengan bukti-bukti bahwa dongeng sang Kancil juga terdapat di Melanesia dan Asia Tenggara ke Timur, yang tidak mempunyai hubungan dengan kebudayaan Hindu.

  1. Struktur Teks Fabel
Teks fabel merupakan bagian dari karya sastra fiksi yaitu dongeng yang termasuk dalam prosa. Prosa memiliki unsur intrinsik karya sastra seperti berikut.
1.  Tema atau pokok cerita
2.  Alur yaitu jalan cerita atau plot yang terdiri dari alur maju, alur mundur, dan campuran (alur  maju dan alur mundur).
3.  Latar atua setting terdiri dari suasana, waktu, tempat
4.  Penokohan terdiri dari protagonis yang sejalan dengan pembaca, antagonis sebagai tokoh yang berlawanan dengan protagonis, dan tritagonis sebagai tokoh yang tidak memihak manapun atau sebagai tokoh yang berdiri sendiri. Untuk watak dari perilaku tokoh tentang apa yang diceritakan pengarang dan apa yang diceritakan oleh tokoh lain.
5. Sudut pandang adalah cara pandang seorang pengarang atau pembaca dalam cerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang pertama dengan kata ganti aku, saya, kami, dan kita. Sudut pandang ketiga dengan kata ganti mereka, nya, ia, dan dia.
6. Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca fabel.

  1. Contoh Teks Fabel
Kisah seekor Serigala dan  Ayam Jantan
Pada suatu hari, di dalam hutan belantara. Terlihat seekor Serigala yang sedang kelaparan. Ia mencari mangsa kesana kemari. Namun, ia tidak menemukan mangsa yang ia cari. Di tengah perjalanan ia melihat seekor Ayam. Karena sudah sangat lapar, ia pun mengincar sang Ayam tersebut.
Secara diam-diam Serigala mendekati Ayam, ia pun langsung menerkam Ayam tersebut. Melihat kedatang Serigala yang datang secara tiba-tiba membuat sang Ayam sangat terkejut. Pada saat Ayam akan melarikan diri. Namun, salah satu kakinya di pegang oleh Serigala.
‘’ Kena kau! Kau tidak bisa lari dariku Ayam. Hahaa.’’ Ucap Serigala, dan langsung membawa Ayam tersebut ke rumahnya.
Serigala sangat senang mendapatkan mangsa yang lezat. Ia pun membayangkan memakan daging Ayam yang sangat lezat sampai air liurnya keluar. Ia sangat tidak sabar untuk melahap mangsanya tersebut. Namun, pada saat Serigala akan melahapnya. Sang Ayam berkata.
‘’ Hei Tuan, sebelum kau melahapku. Sebaiknya kau berdoa terlebih dahulu.’’ Ucapnya.
Mendengar yang di ucapkan sang Ayam, Serigala pun menunda keinginannya untuk melahap Ayam.
‘’ Berdoa? Bagaimana caranya? Ayo cepat beritahu aku!’’ kata Serigala bertanya kebingungan.
‘’ Aku pernah melihat Manusia yang sedang berdoa. Ketika mereka akan berdoa, mereka biasanya melipat tangannya di dada saat berdoa.’’ Jawab Ayam tersebut.
Serigala pun menuruti yang di katakan Ayam. Ia pun segera melipat kedua tanganya di dada.
‘’ Selain melipat kedua tangannya. Manusia juga menutup matanya saat berdoa.’’ Kata sang Ayam melanjutkan perkataanya.
Serigala pun menuruti perkataan Ayam. Dengan semangat ia melipat kedua tangannya di dada dan menutup kedua matanya. Namun, pada saat ia menutup kedua matanya. Dengan sangat cepat Ayam tersebut terbang dan melarikan diri.
‘’ Hahaa, selamat tinggal Serigala yang bodoh.’’ kata sang Ayam yang senang karena berhasil meloloskan diri dari cengkraman Serigala.
Akhirnya, Ayam berhasil meloloskan diri dengan sangat mudah. Sementara, Serigala pun membuka kedua matanya. Ia tidak sabar untuk segera melahap mangsanya. Namun, ia sangat terkejut dan terbengong-bengong melihat sang Ayam sudah tidak ada di hadapannya.
Ia pun segera mencari Ayam tersebut. Namun, Ayam dengan sangat cepat melarikan diri dan tidak dapat di temukan. Serigala sangat marah karena ia ditipu oleh Ayam. Ia pun merasa sangat bodoh karena tertipu oleh calon mangsanya. Ia pun melanjutkan perjalanannya untuk mencari mangsa dan menahan rasa laparnya.

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa  berdiskusi perihal film animasi
  2. Siswa berdiskusi perihal struktur teks fabel berdasar film animasi.
  3. Siswa berdiskusi perihal alur cerita berdasar film animasi.
  4. Siswa berdiskusi perihal tokoh-tokoh berdasar film animasi.
  5. Siswa berdiskusi perihal latar tempat berdasar film animasi.
  6. Siswa berdiskusi perihal latar waktu berdasar film animasi.
  7. Siswa menulis teks fabel berdasar film animasi.
  8. Siswa menceritakan teks fabel.
5.       MENULIS TEKS FABEL BERDASAR DISKUSI KELOMPOK SETELAH PENGAMATAN FILM ANIMASI















































  1. SKOR PENILAIAN MENULIS TEKS FABEL
No
URAIAN
SKOR MAKS
1
Kesesuaian dengan isi cerita
20
2
Keruntutan dengan alur  cerita
20
3
Kesesuaian dengan tokoh-tokoh cerita
20
4
Kesesuaian dengan latar tempat cerita
20
5
Kesesuaian dengan latar waktu cerita
20

Skor Maksimal
100

  1. PENILAIAN
Nama Kelompok:
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
……………………………………………………………………

No
URAIAN
SKOR MAKS
1
Kesesuaian dengan isi cerita

2
Keruntutan dengan alur  cerita

3
Kesesuaian dengan tokoh-tokoh cerita

4
Kesesuaian dengan latar tempat cerita

5
Kesesuaian dengan latar waktu cerita


Skor Maksimal


  1. REFLEKSI
Berilah tanda (V) pada ikon berikut ini setelah kalian mengikuti pembelajaran hari ini.
No
Kegiatan Pembelajaran
      Image result for gambar ikon smile
       Related image
1
Materi menulis teks fabel



2
Metode mengajar menggunakan teknik diskusi



3
Media pembelajaran menggunakan film animasi



4
Gaya mengajar guru



5
Cara guru menyampaikan materi pembelajaran



6
Suasana kelas selama pembelajaran berlangsung



7
Film animasi yang ditayangkan




Terima Kasih

Komentar

Postingan Populer