Media Pembelajaran Teks Prosedur
MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR
A.
Kompetensi Inti
K.I-1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K.I-2: Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
K.I-3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K.I-4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner
khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
|
3.6.1 Menelaah struktur teks prosedur
3.6.2 Mendata variasi pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks
prosedur
3.6.3 Menganalisis penggunaan
tanda baca.
3.6.4 Menganalisis penggunaan
ejaan yang benar.
|
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur
(tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
secara lisan dan tulis
|
4.6.1 Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan isi
4.6.2 Menyunting teks prosedur
yang ditulis dari segi isi, pilihan kata / kalimat/paragraf dan penggunaan
tanda baca/ejaan
4.6.3 Memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan
kata/kalimat/paragraf dan penggunaan tanda baca/ejaan
4.6.3 Memublikasikan teks prosedur
yang dibuat
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran teks prosedur KD 3.6, peserta didik dapat menelaah jenis-jenis teks prosedur dengan benar.
2.
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran teks prosedur KD 4.6, peserta didik dapat menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menelaah struktur
teks prosedur
2.
Menyusun teks
prosedur
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Scientifik
2.
Numbered Head Together (NHT)
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Tayangan teks
prosedur
b.
Teks Prosedur
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik membentuk
kelompok.
2.
Peserta didik
mengamati struktur teks prosedur yang ditayangkan.
3.
Peserta didik
mengajukan pertanyaan berdasar teks prosedur yang telah ditayangkan
4.
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatan.
Hasil Diskusi:
5.
Peserta didik
menyampaikan kepada peserta lain hasil diskusi kelompok.
6.
Peserta didik
mengamati film permainan tradisional.
7.
Peserta didik
berdiskusi perihal struktur teks prosedur berdasar film tersebut.
Hasil Diskusi:
8.
Peserta didik
berdiskusi menulis teks prosedur sesuai dengan bagiannya.
9.
Peserta didik
menyampaikan hasil diskusinya.
10.
Peserta didik
menyimpulkan materi teks prosedur
H. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Struktur
|
Teks
|
…………..
|
Nah, mudah bukan untuk
membuat ayam kecap? Jika tidak ada ayam, bisa diganti telor atau daging. Jika
menyukai rasa pedas dapat ditambahi cabai sesuai selera. Selamat mencoba!
|
……………
|
Cara membuat ayam kecap adalah sebagai berikut.
1.
Cuci ayam yang telah anda siapkan dan pastikan ayam
tersebut benar-benar bersih.
2.
Rebus daging hingga empuk.
3.
Goreng daging ayam tersebut
hingga berwarna kecoklatan, dan mengeluarkan bau sedap.
4.
Cincang bawang bombay, bawang putih dan bawang
merah hingga halus.
5.
Tumis bawang yang telas anda cincang, tunggulah
beberap menit hingga mengeluarkan bau sedap.
6.
Masukkan ayam kedalam wajah
yang berisi bumbu yang telah ditumis tersebut.
7.
Tambahkan sedikit air,
garam dan penyedap rasa kedalam ayam tersebut.
8.
Masukkan kecap dan daun bawang yang telah dipotong
sebelumnya.
9.
Sajikan ayam selagi hangat.
|
…………..
|
Bahan yang diperlukan
untuk membuat ayam kecap
adalah sebagai berikut.
|
………..
|
Ayam
merupakan bahan olahan yang banyak digemari dari anak-anak hingga orang
dewasa. Saat ini olahan ayam dengan berbagai variasi sudah sering kita
nikmati. Salah satunya adalah ayam bakar kecap manis. Resep ini sangat mudah
serta lezat.
|
1.
Urutkanlah teks
tersebut menjadi sebuat teks prosedur yang benar!
2.
Tentukan struktur
teks tersebut!
I.
REFLEKSI
J.
REFLEKSI
Berilah tanda (V) pada ikon berikut ini setelah kalian
mengikuti pembelajaran hari ini.
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
![]() |
![]() |
![]() |
1
|
Mater teks prosedur
|
|||
2
|
Metode mengajar menggunakan teknik diskusi
|
|||
3
|
Media pembelajaran menggunakan film permainan tradisional
|
|||
4
|
Gaya mengajar guru
|
|||
5
|
Cara guru menyampaikan materi pembelajaran
|
|||
6
|
Suasana kelas selama pembelajaran berlangsung
|
Terima Kasih
Komentar
Posting Komentar