Media Pembelajaran Teks Prosedur


MEDIA  PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR

A.       Kompetensi Inti
K.I-1 :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K.I-2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
K.I-3:     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K.I-4:   Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
       Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat  musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
3.6.1   Menelaah struktur  teks prosedur
3.6.2 Mendata variasi pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur
3.6.3  Menganalisis penggunaan tanda baca.
3.6.4  Menganalisis penggunaan ejaan yang benar.
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
4.6.1 Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
4.6.2   Menyunting teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata / kalimat/paragraf dan penggunaan tanda baca/ejaan
4.6.3 Memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/kalimat/paragraf dan penggunaan tanda baca/ejaan
4.6.3  Memublikasikan teks prosedur
yang dibuat

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran teks prosedur KD 3.6, peserta didik dapat menelaah jenis-jenis teks prosedur dengan benar.
2.        Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran teks prosedur KD 4.6, peserta didik dapat menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan  isi dengan benar.

D.       MATERI  PEMBELAJARAN
1.        Menelaah struktur teks prosedur
2.        Menyusun teks prosedur

E.        METODE PEMBELAJARAN
1.        Scientifik
2.        Numbered Head Together (NHT)

F.        MEDIA PEMBELAJARAN
a.        Tayangan teks prosedur
b.        Teks Prosedur

G.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.        Peserta didik membentuk kelompok.
2.        Peserta didik mengamati struktur teks prosedur yang ditayangkan.
3.        Peserta didik mengajukan pertanyaan berdasar teks prosedur yang telah ditayangkan
4.        Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatan.
Hasil Diskusi:














5.        Peserta didik menyampaikan kepada peserta lain hasil diskusi kelompok.
6.        Peserta didik mengamati film permainan tradisional.
7.        Peserta didik berdiskusi perihal struktur teks prosedur berdasar film tersebut.



Hasil Diskusi:
















8.        Peserta didik berdiskusi menulis teks prosedur sesuai dengan bagiannya.


























9.        Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya.
10.     Peserta didik menyimpulkan materi teks prosedur



















H.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Struktur
Teks

…………..
Nah, mudah bukan untuk membuat ayam kecap? Jika tidak ada ayam, bisa diganti telor atau daging. Jika menyukai rasa pedas dapat ditambahi cabai sesuai selera. Selamat mencoba!






……………
Cara membuat ayam kecap adalah sebagai berikut.
1.        Cuci ayam yang telah anda siapkan dan pastikan ayam tersebut benar-benar bersih.
2.        Rebus daging hingga empuk.
3.        Goreng daging ayam tersebut hingga berwarna kecoklatan, dan mengeluarkan bau sedap.
4.        Cincang bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga halus.
5.        Tumis bawang yang telas anda cincang, tunggulah beberap menit hingga mengeluarkan bau sedap.
6.        Masukkan ayam kedalam wajah yang berisi bumbu yang telah ditumis tersebut.
7.        Tambahkan  sedikit air, garam dan penyedap rasa kedalam ayam tersebut.
8.        Masukkan kecap dan daun bawang yang telah dipotong sebelumnya.
9.        Sajikan ayam selagi hangat.








…………..
Bahan yang diperlukan untuk membuat ayam kecap adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan daging ayam secukupnya kira-kira 1 kilogram.
  2. 1 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah.
  3. Merica bubuk secukupnya
  4. 5 sendok makan kecap manis
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. Air bersih
  7. Bumbu untuk penyedap rasa.
  8. Seledri dan daun bawang
  9. Bawang Bombay secukupnya
  10. Margarin

………..
Ayam merupakan bahan olahan yang banyak digemari dari anak-anak hingga orang dewasa. Saat ini olahan ayam dengan berbagai variasi sudah sering kita nikmati. Salah satunya adalah ayam bakar kecap manis. Resep ini sangat mudah serta lezat.

1.        Urutkanlah teks tersebut menjadi sebuat teks prosedur yang benar!
2.        Tentukan struktur teks tersebut!

I.         REFLEKSI
J.         REFLEKSI
Berilah tanda (V) pada ikon berikut ini setelah kalian mengikuti pembelajaran hari ini.
No
Kegiatan Pembelajaran
      Image result for gambar ikon smile
       Related image
1
Mater teks prosedur



2
Metode mengajar menggunakan teknik diskusi



3
Media pembelajaran menggunakan film permainan tradisional



4
Gaya mengajar guru



5
Cara guru menyampaikan materi pembelajaran



6
Suasana kelas selama pembelajaran berlangsung




Terima Kasih

Komentar

Postingan Populer